Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android Saat Menginstal

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android
Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android saat menginstal. Smartphone android merupakan sebuah perangkat yang memiliki banyak fungsi seperti fungsi dasar untuk sms, menelfon, browsing, chatting. Tidak hanya sebatas fungsi dasar yang ada di hp android.

Ada beragam fungsi yang dapat menunjang aktifitas harian seperti membantu dalam hal pekerjaan membuat email, mengecek email masuk atau mebalas email. Dari berbagai fungsi yang bisa digunakan smartphone android ini tidak lepas dari banyaknya aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store.

Toko aplikasi resmi dari Google ini menawarkan beragam aplikasi yang bisa kamu unduh sesukamu.Tidak hanya melulu untuk urusan pekerjaan hp android juga bisa digunakan sebagai penghibur saat penat melanda.

Memainkan game di android kini semakin menyenangkan tidak jarang orang menggunakan hp android untuk bermain game. Namun jika saat menginstal aplikasi terjadi kegegalan padahal kamu ingin memaiankan game tersebut.

Pertanyaan tentu muncul kenapa aplikasi tidak terpasang di hp android. Apakah ada kerusakan saat menginstal aplikasi pada smartphone androidmu. Tentu kamu akan mencari cara agar dapat menginstal aplikasi di android bukan?

Sebelum memulai cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android kita harus tau penyebab kenapa android tidak bisa instal aplikasi. Penyebabnya bisa beragam faktor berikut beberapa sebabnya :

1. Memori hp android penuh. Terlalu banyak menginstal aplikasi tentu akan menyita banyak ruang memori di perangkat. Hal ini juga akan bisa menyebabkan kegagalan dalam menginstal aplikasi di android.

2. Terlalu sering menginstal aplikasi lalu menghapusnya lagi. Keinginan mencoba banyak aplikasi tentu bisa menjadi alasan seseorang untuk menginstal dan mencobanya, entah itu aplikasi yang berguna atau tidak. Dengan menginstal banyak aplikasi juga akan menjadi penyebab munculnya folder baru yang kadang memberi beban memori pada hp android.

3. Adanya aplikasi yang bekerja dibelakang layar atau background. Jika hal itu terjadi kemungkinan crash antar aplikasi bisa saja terjadi dan menyebabkan aplikasi tidak terpasang di android saat menginstal.

4. Hardware perangkat atau OS android sudah tidak mendukung. Kadang suatu aplikasi yang terinstal membutuhkan OS android terbaru. Jika android yang kamu miliki masih versi lama dan tidak mendukung tentu akan membuat gagal dalam instal aplikasi android. Yang harus dilakukan yakni update OS androidmu jika bisa.

Baca juga Penyebab Utama dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas


Solusi yang bisa dilakukan dengan permasalahan aplikasi yang tidak terpasang di android dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini :

Pertama

Hapus beberapa aplikasi android yang tidak terlalu penting. Dengan menghapus aplikasi android akan memberikan ruang lebih dalam penyimpanan. Jika penyimpanan di android sudah longgar maka dalam menginstal tidak terjadi kegagalan.

Kedua

Coba bersihkan RAM perangkat android. Dengan ram yang menumpuk maka kinerja perangkat akan lemot dan kegagalan mungkin bisa terjadi. Bersihkan dengan masuk ke menu taks manager, pilih ram lalu clear memori.

Ketiga
cara mengatasi aplikasi tidak terpasang

Jika tidak bisa menginstal aplikasi dari Google Play. Coba untuk bersihkan aplikasi Google Play dari file cache atau file sampah yang mungkin menumpuk. Caranya masuk ke dalam menu setting lalu pilih apps pilih running. Pilih aplikasi Google Play pilih clear data.

Keempat


cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android


Bersihkan semua aplikasi yang terinstal di hp android. Setiap aplikasi yang terinstal biasanya membawa cache yang akan membebani perangkat android. Dengan membersihkan aplikasi yang ada akan dapat menambah ruang penyimpanan pada hp android. Caranya masuk ke pengaturan pilih aplikasi lalu pilih aplikasi satu persatu mulai dari BBM, Whatsapp, Facebook, Twitter, Path, atau aplikasi yang ada di smartphonemu. Pilih aplikasi lalu pilih hapus cache.

Kelima.
cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android

Lakukan reset ulang pada perangkat android atau biasa yang disebut Factory reset. Cara ini akan dapat menghapus seluruh data dalam hp android. Jangan lupa lakukan backup dulu agar tidak kehilangan data penting dalam smartphone android. Cara melakukan factori reset masuk dalam menu pengaturan pilih buat cadangan & setel ulang lalu pilih reset data pabrik.


Jika kesemua cara diatas masih belum bisa mengatasi aplikasi tidak terpasang di android bisa dengan melakukan beberapa cara ini. 

1. Masuk kedalam menu pengaturan pada hp android. Pilih keamanan lalu pilih centang sumber tidak di kenal. Setelah sumber tidak dikenal bisa coba untuk melakukan instal ulang aplikasi yang tidak bisa di instal.

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android

2. Cara berikutnya jika masih gagal dalam instal aplikasi android. Masuk kedalam menu opsi pengembangan. Caranya masuk ke pengaturan pilih opsi pengembangan.

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android

3. Jika opsi pengembangan tidak muncul dalam perangkat, coba untuk masuk ke menu pengaturan pilih tentang perangkat lalu pilih nomor pembuatan tap 4 kali secara beruntun.  Maka akan masuk ke dalam opsi pengembang. Pilih opsi pengembang

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android

4. Jika sudah masuk opsi pengembang tinggal pilih centang verifikasi aplikasi melalui USB.

cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android


Dengan masuk ke dalam menu opsi pengembangan tentu aplikasi apa saja bisa terpasang di perangkat android. Berikut cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di android. Selamat mencoba semoga sukses. Jika ada yang perlu di koreksi, ditambahkan atau ditanya bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.