Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Utama dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

kenapa android cepat panas

Penyebab Utama dan cara mengatasi HP Android Cepat Panas. Sebuah smartphone yang kita miliki mempunyai tugas yang cukup berat untuk melakukan berbagai aktifitas. Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak negatif bagi smartphone, seperti HP jadi cepat panas atau bahkan dapat memicu ledakan pada smartphone.

Hal tersebut bukan hanya terjadi pada satu atau dua orang pengguna smartphone. Keadaan hp yang cepat panas memiliki beragam sebab. Karena penggunaan yang berbeda-beda seperti keseringan dalam bermain game HD juga bisa menjadi sebab Android cepat panas.

Kenapa android cepat panas? kesalahan dalam penggunaan sehari-hari juga bisa menjadi penyebab hp panas. Kadang kesalahan itu juga tidak secara sadar kita lakukan dalam mengoperasikan smartphone kita.

Selain faktor human eror juga bisa saja terjadi karena kesalahan dalam hardware sebuah smartphone yang kita gunakan. Jika hal itu sudah terjadi pada perangkat smartphone ataupun tablet akan dapat memberikan dampak buruk pada kinerja perangkat.

Seperti smartphone menjadi lebih boros dalam penggunaan baterai. Tidak mau semakin buruk lagi bukan yang terjadi pada perangkat kita. Apalagi untuk keperluan browsing, sosial media ataupun bermain game tiba-tiba perangkat mati. Tentu akan menjadi sesuatu yang sangat mengganggu.

Jadi sebelum hal itu sampai terjadi pada perangkat smartphone kita. Harus terlebih dahulu mengetahui kenapa hp cepat panas. Sehingga kita bisa mengetahui cara mengatasi hp cepat panas.

Berikut ulasan penyebab hp android cepat panas serta cara mengatasi android cepat panas

1. Kinerja berat

HP android cepat panas bisa disebabkan karena kinerja perangkat android yang berlebihan atau terlalu berat dalam melakukan berbagai fungsi seperti sambil memainkan game sambil mendengarkan musik. Atau melakukan beragam aktifitas perangkat tanpa menutup aplikasi sebelumnya.

Memang benar smartphone android dibekali RAM yang berfungsi untuk melakukan beragam aktifitas dan meminimalis aplikasi yang telah dibuka, namun dengan terlalu banyaknya beban yang diterima akan menjadi penyebab hp cepat panas.

Cara mengatasi hp cepat panas  yang bisa dilakukan karena hal tersebut yaitu cukup mudah hanya dengan menutup berbagai aplikasi yang terbuka dan menggunakan aplikasi yang berjalan saja.

2. Kesalahan dalam penggunaan

Menggunakan hp android dengan terus menerus tanpa henti biasanya dilakukan oleh pengguna yang tidak bisa lepas dari hp android. Biasanya dalam penggunaan bermain game sampe lupa waktu hingga membuat hp android cepat panas.

Tidak hanya game, melakukan aktifitas berat seperti browsing, menonton video baik online via youtube maupun offline jika secara terus menerus tanpa istirahat tentu akan bisa memicu overheat karena dapat memicu prosesor dan GPU pada perangkat akan bekerja lebih keras.

Dengan beban kerja perangkat tersbut tentu akan menjadi penyebab hp android cepat panas berlebih dan memberikan dampak pada kesehatan baterai smartphone.

Baca juga Cara Menghapus Cache iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara agar hp tidak cepat panas bisa dilakukan dengan istirahatkan perangkat sehingga suhunya turun dan normal kembali. Dan jangan gunakan perangkat secara berlebihan. Karena dapat memicu umur baterai yang lebih sedikit umur penggunaan.

3. Kerusakan pada baterai

Baterai merupakan salah satu komponen yang terpenting dalam sebuah hp android maupun smartphone lain. Kerusakan baterai dapat menjadi suatu momok yang menakutkan karena tanpa baterai sebuah hp nyaris tanpa fungsi.

Keadaan baterai yang telah rusak akan dapat membuat hp android cepat panas. Baterai yang telah rusak bisa ditandai dengan menggelembungnya baterai. Smartphone yang sering hang atau mati sendiri juga bisa jadi tanda baterai sudah rusak.

Cara mengatasi android cepat panas karena hal ini dapat diatasi dengan mengganti komponen baterai pada smartphone android. Gunakan baterai pengganti yang original agar awet dalam penggunaan.

4. Lupa menyalakan wifi secara terus menerus.

Wifi merupakan sebuah fitur wajib yang dimiliki oleh hp android. Hal ini karena penggunaannya dapat menghemat kuota atau yang tidak memiliki kuota tetap terhubung dengan internet

Kesalahan yang sering terjadi oleh para pengguna smartphone tetap terus menyalakan wifi agar sewaktu-waktu dapat terhubung tanpa repot-repot menghidupkan wifi. Akan tetapi akan menjadi penyebab hp cepat panas.

Karena secara terus menerus mencari sinyal wifi yang ada akan membuat perangkat bekerja dibelakang layar.

Cara agar hp tidak cepat panas karena hal tersebut yaitu untuk segera mematikan wifi pada hp androidmu. Untuk yang terbiasa menggunakan wifi rumah atau dikantor, jangan lupa matikan wifi jika akan bepergian keluar.

5. Menggunakan pada panas terik matahari.

Menggunakan hp atau smartphone android pada panas terik matahari menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan hp android cepat panas. Jadi bijaklah dalam menggunakan smartphonemu untuk keperluan sehari-hari.

Panas terik matahari bisa menjadi salah satu faktor yang menjadi hp cepat panas. Solusi cara mengatasi hp android cepat panas adalah hindari penggunaan smartphone android dari panas terik atau cuaca ektrim.

6. Melakukan overclock speed

Mempercepat hp android dari kecepatan standar prosesor bawaan hp mungkin telah dilakukan oleh beberapa pengguna hp android. Hal ini biasanya dilakukan agar smartphone android lebih cepat.

Akan tetapi dengan melakukan hal tersebut akan memberikan dampak negatif kepada kesehatan hp android. Dan juga dapat menjadi penyebab android cepat panas. Kestabilan kecepatan dalam penggunaan juga akan dapat mengganggu aktifitas penggunaan.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi android yang cepat panas dengan mengembalikan kecepatan smartphone pada standar bawaan pabrik. Karena smartphone telah dirancang sedemikian rupa dalam penggunaan sehingga tidak menimbulkan panas yang berlebih.

7. Menggunakan hp android saat di charge

Hal ini biasanya dilakukan oleh banyak pengguna smartphone baik pengguna android maupun iOS. Menggunakan hp android yang sedang keadaan di ces akan dapat memicu panas pada hp android. Hal ini karena kestabilan pengisian baterai terganggu.

Saat sedang di ces hp android seharusnya tidak digunakan untuk melakukan aktifitas apa-apa. Ini akan memberikan beban yang berlebih selain mengisi, hp juga harus mengeluarkan daya untuk aktifitas.

Panas akan timbul dan terasa saat dipegang ditangan. Solusi mudah cara mengatasi hp cepat panas segera hentikan penggunaan saat dices. Biasakan biarkan smartphone hingga kondisi baterai terisi penuh.

Itulah penyebab utama dan cara mengatasi hp android cepat panas, semoga dengan membaca artikel ini bisa memberikan manfaat dan dampak yang lebih baik dalam menggunakan hp android untuk aktifitas sehari-hari.

Bijaklah dalam menggunakan sebuah smartphone agar tidak memberikan dampak negatif bagi pengguna ataupun smartphone yang digunakan bisa lebih awet. Jika ada yang mau ditambahkan atau dikoreksi bisa tulis pada kolom komentar.

Post a Comment for "Penyebab Utama dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas"