Pages

Cara Memperbaiki Baterai HP Android Yang Cepat Habis Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Baterai HP Android Yang Cepat

Cara Memperbaiki Baterai HP Android Yang Cepat Habis Dengan Mudah. Menggunakan smartphone atau hp android adalah kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Dijaman yang sudah serba teknologi. Internet adalah kebutuhan wajib bagi pengguna smartphone. Namun hal tersebut tak lepas dari permasalahan yang dialami penggunanya.

Baterai hp boros? baterai hp android cepat habis? Itu adalah salah satu masalah sehari-hari yang sering dialami oleh pengguna smartphone. Baik android maupun smartphone lainnya seperti iOS, Blackberry maupun Windows Phone.

Dengan masalah yang dialami oleh pengguna tentu ingin mengetahui bagaimana cara memperbaiki baterai hp android yang cepat habis atau boros bukan. Dengan begitu masalah yang dialami tentu akan segera terselaikan. Namun untuk menyelesaikan masalah mengenai baterai hp android yang cepat habis atau boros tentu harus memperhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki Baterai HP Android Yang Cepat

Hal apa sajakah itu?, Ya hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah apa yang menyebabkan baterai hp android cepat habis, cepat panas, boros hingga baterai hp melembung atau soak sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Hal ini penting karena dengan mengetahui kita akan bisa mencegah baterai hp cepat rusak boros ataupun cepat panas, sehingga smartphone yang kita miliki akan lebih awet dalam pemakaian. Hal-hal atau penyebab baterai hp android cepat habis atau boros :

1. Terlalu banyak membuka aplikasi saat digunakan, atau multikasking yang berlebihan pada hp android kamu sehingga membuat smartphone menjadi panas dan boros.

2. Penggunaan charger yang salah pada hp android. Seperti menggunakan charger yang bukan original pabrikan. Hal tersebut akan berdampak pada kesehatan baterai hp android.

3. Menggunakan hp atau smartphone android dalam keadaan di charger. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan dalam penggunaan. Saat mengisi baterai terjadi pengisian namun jika sambil digunakan maka akan membuat pengisian kurang efektif dan membuat baterai cepat rusak bahkan melembung.

4. Mengatur intensitas cahaya yang berlebihan atau terlalu terang. Dengan tingkat pencahayaan yang berlebih pada layar maka akan berdampak pada efisiensi penggunaan baterai. Baterai menjadi cepat habis dan boros

5. Bermain games secara terus menerus hingga hp atau smartphone android terasa panas pada bagian belakang body. Hal ini biasa dilakukan oleh pengguna yang senang bermain games hingga lupa waktu.

Baca juga  Cara Mengatasi Baterai Kembung di HP Android

Sudah mengetahui hal-hal yang menyebabkan baterai hp android cepat habis atau boros bukan. Mungkin dari setiap yang membaca pasti pernah melakukan beberapa hal diatas. Dengan mengetahui penyebab baterai hp android cepat panas dan boros sehingga cepat habis, diharapkan bisa mengurangi dan menghentikan kebiasaan yang kurang baik tersebut.

Sebelum hal yang yang lebih buruk terjadi seperti harus mengganti baterai hp android yang baru. Tentu akan lebih baik dengan cara mencegahnya dengan melakukan hal-hal yang lebih bijak. Untuk cara memperbaiki baterai hp android yang cepat habis dapat dilakukan dengan hal-hal berikut ini.

Cara Memperbaiki Baterai HP Android Yang Cepat Habis

1. Matikan beberapa fitur yang tidak terlalu mendesak atau terlalu penting saat tidak digunakan.

Seperti matikan wifi saat tidak tersedia jaringan wifi. Karena saat wifi menyala maka otomatis fitur aktif dan mencari jaringan wifi yang ada. Matikan bluetooth, saat tidak digunakan untuk mengirim file. Dan matikan GPS saat keadaan tidak terlalu penting atau dibutuhkan.

2. Matikan Jaringan Data.

Mematikan jaringan atau data tentu akan membuat smartphone terasa seperti hp biasa. Hal ini karena aktifitas untuk terhubung dengan jaringan internet terputus. Namun cara ini dapat dilakukan saat keadaan tidak ada sinyal atau jaringan. Dengan terus menyalakan data namun tidak tersedia atau terjangkau. Akan membuat penggunaan baterai semakin boros dan cepat habis. Jadi matikan data saat didaeran atau tempat yang tidak tersedia jaringan.

3. Atur intensitas cahaya pada layar.

Pada layar hp atau smartphone terdapat fitur yang dapat meredupkan atau mencerahkan layar. Hal ini tentu akan berpengaruh pada penggunaan baterai hp. Dengan semakin terang pada layar maka daya yang dikeluarkan akan semakin besar. Untuk itu atur pada cahaya tingkat rendah. Hal ini akan membuat daya baterai tidak cepat habis atau boros.

4. Mematikan fitur autosyncron atau auto update.

Dengan fitur ini sebenarnya kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan syncronisasi perangkat dan update perangkat. Namun dengan aktifnya fitur tersebut dapat membuat baterai android cepat habis. Karena fitur tersebut terus aktif dan berfungsi hanya pada saat tersedianya update saja. Update bisa dilakukan secara manual. Misalnya update sistem operasi atau update aplikasi. Dengan menonaktifkan maka akan dapat menyimpan daya baterai lebih lama.

5. Mempercepat screen time out.

Dengan mempercepat screen time out pada hp android akan menjadikan daya baterai pada smartphone lebih hemat. Hal ini bukan tanpa sebab, karena dengan layar lebih cepat redup akan membuat daya pada hp android akan tersimpan lebih lama dan membuat perangkat android lebih hemat dalam konsumsi daya baterai. Hal ini akan membuat hp android cepat meredup saat tidak sedang digunakan.

6. Jauhkan HP android dari sumber panas.

Suhu panas pada pada ruangan atau sumber panas akan memiliki dampak pada smartphone khususnya baterai. Jika sebuah smartphone terlalu dekat dengan suhu panas akan membuat baterai lebih rentan terhadap kerusakan. Dalam penggunaan saja sudah menghasilkan panas apalagi jika terlalu lama. Akan lebih buruk lagi jika smartphone atau hp android diletakan pada sumber panas seperti alat elektronik lainnya yang menghasilkan panas, seperti TV, hair dryer, radio, tape, laptop, atau alat elektronik lainnya.

Cara Memperbaiki Baterai HP Android Yang Cepat

Hal-hal diatas dapat mulai dilakukan agar baterai awet dan tidak cepat habis. Jika hal diatas masih belum bisa mengatasi masalah baterai hp android yang cepat habis. Untuk memperbaiki baterai hp android yang cepat habis dapat melakukan kalibrasi baterai android.

Dengan kalibrasi baterai android dapat menjadi salah satu cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis. Kalibrasi bisa membuat baterai android yang mudah drop bisa kembali normal atau tidak mudah cepat habis.

Baterai hp cepat habis padahal masih baru, mungkin beberapa orang mengalami hal tersebut. Hal ini belum tentu karena kerusakan pada baterai hp android. Namun dalam pengecesan awal masih belum tepat seperti digunakan saat charge. Padahal hal tersebut bisa membuat kesehatan pada baterai kurang baik.

Jadi jangan gunakan smartphone saat pengecesan awal atau saat baru pertama membeli. Charge hingga penuh lalu cabut agar baterai hp menjadi awet dan tidak cepat habis. Untuk cara mengatasi batre boros di android dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi tambahan. Bisa juga tidak. Dengan kalibrasi baterai android bisa menggunakan cara tersebut.

Cara kalibrasi baterai android dengan menggunakan aplikasi tambahan, langkah-langkahnya :

1. Kosongkan baterai hingga kapasitas baterai dibawah 20 % yang tersisa.

2. Buka Google Play Store lalu cari aplikasi penghemat baterai bisa gunakan Battery Dr Saver, instal aplikasi tersebut.

3. Setelah terinstal sampai selesai. Charge hp android hingga indikator penuh atau 100 %

4. Tungu hinggs selesai proses pengisian.

Cara kalibrasi baterai android tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

1. Kosongkan baterai hingga yang tersisa 1 % atau hampir habis.

2. Matikan hp android lalu kemudian charge hingga penuh. Pengisian dilakukan selama kurang lebih ( 3-5 hari ) Untuk memeriksa apakah baterai sudah terkalibrasi atau belum dapat dilakukan dengan cara mencabut charge dan mencharge kembali. Jika belum ada notifikasi penuh/full maka baterai belum terkalibrasi. Jika ada notifikasi full maka sudah terkalibrasi. Biarkan hingga waktu yang ditentukan.

3. Lakukan cara ini hingga proses waktu berjalan 3-5 hari.

4. Cara ini dilakukan untuk perangkat atau baterai yang benar-benar dalam kondisi mudah drop atau cepat habis dalam pemakaian. Hasilnya bisa berbeda tergantung kondisi baterai hp android masing-masing.

Beberapa tips ringan yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai hp android yang cepat habis atau cepat panas. Sehingga masalah baterai  hp android yang tiba-tiba habis dapat dicegah. Cara mengatasi nya bisa dilakukan beberapa hal berikut ini:

Cara agar baterai hp android tidak cepat habis yaitu dengan :

1. Hapus widget yang tidak terlalu penting pada home screen
2. Atur kunci layar hp secara otomatis
3. Matikan fitur GPS
4. Aktifkan mode penerbangan atau aiplan mode
5. Atur pengaturan sinkronisasi
6. Tidak memperbaharui aplikasi kecuali dengan wifi
7. Gunakan aplikasi penghemat baterai
8. Matikan data dan gunakan jaringan wifi yang tersedia

Itulah beberapa hal yang dapat dibagikan tentang cara memperbaiki baterai hp android yang cepat habis. Mulai dari penyebab baterai hp android cepat habis hingga tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai hp android yang cepat habis atau cepat panas. Dengan mengetahui hal tersebut semoga bisa mengatasi masalah baterai hp android yang cepat habis atau boros.

Jika ada yang masih perlu ditanyakan atau masih bingung bisa tuliskan pada kolom komentar. Semoga bisa bermanfaat bagi semua dan dapat mengatasi masalah baterai hp android yang cepat habis. Simak terus informasi menarik mengenai teknologi, tips dan trik dan informasi menarik lainnya hanya di blognunan.com
Back To Top