Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Baterai Kembung di HP Android

cara mengatasi baterai kembung di hp android

Cara Mengatasi Baterai Kembung di HP Android. Menggunakan smartphone atau HP merupakan aktifitas yang tidak bisa lepas dari genggaman tangan. Di jaman yang sudah serba elektronik. Hp atau smartphone menjadi kebutuhan yang tidak bisa lepas.

Dengan banyaknya pengguna HP android tentu tidak lepas pula dengan masalah yang dialami penggunanya. Baterai merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah hp atau smartphone baik Android, iOS,Windows ataupun Blackberry.

Komponen baterai bisanya paling sering mengalami masalah pada sebuah hp atau smartphone. Baterai cepat habis, baterai cepat panas, baterai menggelembung atau kembung. Itu merupakan sederet masalah yang mungkin dialami oleh pengguna smartphone.

Salah satu masalah yang mungkin banyak dialami yakni baterai android yang menggelembung, lalu bagaimana cara mengatasi baterai kembung di hp android. Untuk itu beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengempiskan baterai hp yang menggelembung dapat dilakukan otodidak atau sendiri dirumah.

Tetapi sebelum lebih lanjut mengenai cara mengatasi baterai kembung, ada baiknya kita mengetahui dulu penyebab baterai hp yang kembung di smartphone atau hp biasa :

1. Menggunakan hp atau smartphone saat di charge atau di ces.

cara mengatasi baterai kembung di hp android

Kebiasan tersebut sering kali dilakukan oleh pengguna smartphone android. Hal tersebut terjadi berulan-ulang sehingga menjadi kebiasaan yang dianggap tidak apa-apa. Padahal hal tersebut akan dapat memicu kerusakan pada hp baik android maupun lainnya.

Selain merusak menggunakan hp saat di ces juga dapat memicu terjadinya ledakan pada smartphone. Hal tersebut tentu akan merugikan bagi penggunanya.

2. Mengisi atau mencharger hp terlalu lama

cara mengatasi baterai kembung di hp android

Kebiasan ini juga sering dilakukan tanpa kita sadari. Percaya atau tidak banyak pengguna smartphone melakukan pengisian hp dari malam hingga pagi hari. Mungkin kamu salah satu dari yang melakukan hal tersebut. Jika iah, segeralah hentikan kebiasaan tersebut. Karena hal itu dapat membuat baterai android menjadi kembung atau menggelembung.

Baca juga Hentikan Cara Charge Yang Salah ! Lakukan ini Agar Baterai Smartphone Awet !

Jika sudah begitu maka kualitas baterai menjadi menurun sehingga membuat kita lebih sering mengisi hp dan menjadikan hp cepat boros baterai.

3. Menggunakan baterai hp tidak original

cara mengatasi baterai kembung di hp android

Setiap hp atau smartphone dibuat dengan spesifikasi yang telah diperhitungkan sedemikian rupa agar awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun hal tersebut akan menjadi berbeda jika kita menggunakan asesoris yang tidak original.

Salah satunya baterai yang tidak original akan membuat perangkat cepat rusak. Selain itu baterai yang tidak original juga memiliki kualitas yang tidak terlalu bagus. Baterai tidak original juga gampang terjadi kerusakan seperti cepat habis bahkan menggelembung.

4. Charger yang tidak original

cara mengatasi baterai kembung di hp android

Selain baterai yang tidak original yang memberikan dampak pada kerusakan baterai android. Charge yang tidak ori juga ikut berperan. Charge yang dibeli dipasaran bebas dan bukan original memiliki daya arus yang berbeda dengan original pabrik.

Hal ini akan membuat aktifitas pengisian baterai tidak sesuai standar yang diterapkan pada setiap produk. Setiap hp atau smartphone memiliki ukuran baterai yang berbeda-beda. Hal ini membuat tidak sembarang charge bisa digunakan untuk smartphone atau hp. Apalagi sampai menggunakan charge yang tidak atau bukan original.

5. Memakai hp secara berlebihan

Untuk penggunaan hp atau smartphone sebaiknya dibatasi. Ada kalanya perangkat seluler beristirahat. Dengan menggunakan hp berlebihan tentu akan membuat perangkat mudah rusak. Salah satu elemen yang berdampak yakni baterai.

Memakai hp terus menerus akan membuat baterai hp cepat panas. Apalagi jika dalam keadaan panas tetap saja dipakai seperti melakukan aktifitas berat bermain game hd, menonton film, sosial media. Istirahatkan hp jika sudah mulai terasa panas ditangan, gunakan kembali saat sudah dingin.

Itulah beberapa penyebab hp kembung atau hp panas. Dengan mengetahui penyebab tersebut ada baiknya hentikan hal-hal diatas agar hp atau smartphone kamu lebih awet dan tidak kembung baterainya.

Berikutnya cara mengatasi baterai kembung di hp android. Cara yang akan dibagikan kali ini terbilang cukup ekstrim, ada yang berhasil ada juga yang tidak. Jadi sebelum mengganti baterai yang kembung dan membeli baterai baru ada baiknya dicoba. Barang kali bisa berhasil dan bisa menghemat dalam pengeluaran.

Hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu yaitu

1. Baterai yang kembung, bisa di cek dengan cara memegang dan merasakan posisi baterai rata atau sudah menggelembung.
2. Plastik yang biasa digunakan untuk menyimpan obat atau plastik yang ada karet pengunci
3. Papan kecil, lap atau kanebo yang bersih
4. Kulkas atau Frezer
5. Hairdryer

Cara Mengatasi Baterai Kembung di HP

Langkah-langkah yang harus dilakukan yakni sebagai berikut :

1. Siapkan baterai lalu bungkus baterai dengan menggunakan plastik yang ada karet perekat. Hal ini bertujuan agar senyawa kimia yang ada dalam baterai tidak menyebar kedalam kulkas dan mengkontaminasi.

2. Masukan baterai yang sudah terbungkus rapat, periksa hingga benar-benar rapat, masukan kedalam kulkas atau frezer selama kurang lebih 24 jam.

3. Jika waktu sudah sesuai, kemudian keluarkan baterai yang ada dan diamkan di tempat yang kering. Gunakan hairdryer untuk mengeringkan agar cepat kering. Gunakan saat sudah mulai kering. Jangan langsung saat pertama dikeluarkan dari kulkas

4. Setelah kering letakan baterai pada tempat yang kering dan rata. Lap dengan menggunakan kanebo pada seluruh bagian baterai, khususnya bagian lempengan tembaga.

5. Gunakan papan kecil yang rata untuk menekan-nekan baterai agar mengempes secara perlahan hingga baterai menjadi lebih kempes.

6. Jika sudah kempes atau seperti semula langkah selanjutnya charge atau ces baterai dengan menggunakan ces trol atau ces kodok hingga penuh.

7. Lepaskan jika baterai sudah terisi penuh dan pasangkan pada hp kembali kemudian coba nyalakan kembali hp tersebut.

Itulah cara mengatasi baterai kembung di hp android. Cara ekstrim tersebut boleh dicoba, boleh juga tidak. Karena seyogyanya kulkas merupakan tempat menyimpan makanan, bukan barang elektronik. Jadi gunakan alat eletronik sebagaimana mestinya.

Jika cara mengatasi baterai kembung di hp diatas tidak berhasil maka, mengganti baterai baru merupakan suatu keharusan agar bisa menggunakan hp atau smartphone kembali. Jika ada saran atau pertanyaan bisa dituliskan pada kolom komentar dibawah ini. Simak terus informasi  dan tips menarik lainnya seputar terknologi hanya di blognunan.com. Terima kasih telah berkunjung.