Pages

iOS 10 VS Android Nougat 7.0 Ini Ulasannya Tentukan Mana Pilihanmu

ios 10 vs android nougat 7.0

Sistem operasi perangkat mobile sekarang telah dikuasai dua raksasa teknologi dunia yakni Google dengan Android dan Apple dengan iOS. Kedua sistem operasi mobile tersebut adalah yang terus bersaing dengan ketat untuk mendapatkan para pengguna di seluruh dunia.

Sebenarnya ada OS mobile lain yang ada untuk perangkat mobile atau smartphone seperti Blackberry dengan OS Blackberry 10 nya, tetapi sayang telah kalah jauh dengan saingannya sehingga penggunanya hanya tinggal sedikit. Kembali ke dua penguasa OS mobile yang terus bersaing ketat.

Kini kedua raksasa teknologi tersebut telah meluncurkan OS yang paling anyar. Apple dengan iOS nya telah meluncurkan sistem operasi terbaru dengan iOS 10. Google juga tak kalah dengan Android barunya yakni versi termutakhir Android Nougat 7.0. Kedua OS tersebut selalu bersaing ketat dalam beragam fitur terbarunya yang dibawa dalam update.

Beragam fitur menarik tentu dibawanya agar semakin meningkatnya kepuasan pengguna dalam menggunakan perangkat untuk sehari-hari.Membandingkan kedua sistem operasi tersebut tentu menjadi hal yang menarik untuk menjadikan bahan pertimbangan mana OS yang paling ideal untuk tiap penggunanya.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan OS mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu , mari kita simak iOS 10 VS Android Nougat 7.0 Ini Ulasannya Tentukan Mana Pilihanmu.

1. Notifikasi

iOS 10 di update yang dibawa kali fitur notifikasi berubah menjadi semakin mudah karena muncul dihalaman lockscreen secara lebih interaktif. Ini karena dalam notifikasi yang muncul akan bisa langsung mengakses notifikasi tersebut seperti membalas langsung pesan dari lockscreen tanpa perlu untuk membuka aplikasi tersebut.

Android Nougat 7.0 menawarkan fitur serupa dalam notifikasi di lockscreen yang dapat merespon dengan langsung membalas pesan langsung tanpa harus repot membuka aplikasi. Misalnya untuk membalas e-mail. Yang membedakan adalah fitur ini telah ada terlebih dahulu di Android dan di versi Nougat 7.0 disempurnakan lagi oleh Google.

2. Asisten Pribadi Virtual

iOS 10 membawakan banyak perubahan pada asisten pribadinya yaitu Siri. Dalam versi terbarunya Siri sudah mendukung developer pihak ketiga. Yang memungkinkan untuk dapat terhubung ke aplikasi-aplikasi yang lain, misal aplikasi Whatssapp kini sudah terhubung dengan layanan Apple tersebut sehingga di Whatsapp kini bisa mengirim pesan dan membalas pesan dengan hanya menggunakan suara. Menarik bukan update Siri tersebut. Tidak hanya pada Whatsapp, kemungkinan aplikasi yang lain akan mendukung hal tersebut di pembaharuannya nanti.

Android Nougat 7.0 juga menawarkan asisten pribadi milik Google yakni Google Now. Tetapi untuk layanan asisten pribadi milik Google tersebut masih belum mendukung layanan serupa milik pesaingnya yaitu Apple. Fitur yang dibawa Google Now masih sama seperti di OS sebelumnya, yaitu melakukan pencarian, membuat jadwal dan mengirim pesan.

3. Keyboard atau Papan Ketik

iOS 10 membawa perubahan yang cukup signifikan pada fitur ini. Kini setiap pengguna akan dapat menggunakan layar pada smartphone selayakna kertas. Kamu dapat membuat coretan-coretan dilayar kemudian dikirimkan ke teman kamu dalam keadaan utuh selayaknya kamu buat tulisan (handwriting).Ada juga efek yang bisa kamu tambahkan seperti layaknya gelembung air untuk animasinya. Menjadi pengalaman yang baru dalam berkirim pesan di iOS 10.

Android Nougat 7.0 memberi update dalam hal penambahan emoji-emoji baru yang lucu dan menarik. Fitur ini tentunya akan menjadikan semakin beragam emoji di Android Nougat 7.0. Karena ada kurang lebih 1500 emoji yang tersedia sehingga menjadikan berkirim pesan akan semakin menyenangkan. Ada juga dukungan multilanguage yang semakin memperkaya ragam bahasa di Android Nougat 7.0.

4. Multimedia

iOS 10 memeberikan pengalaman yang lebih baru, dimana dalam penggunaan aplikasi Apple Musik dibuat desain yang fresh dan simple. Di menu galeri foto juga diperbaharui menjadi semakin pintar dalam menggelompokan beragam foto yang ada. Hal baru yang ada yakni Aplikasi Home, di aplikasi ini perangkat Apple akan terhubung dengan Rumah dan dapat mengatur berbagai aktifitas hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet Apple yaitu mengunci pintu rumah, mematikan lampu atau hal lainnya.

Android Nougat 7.0 juga memiliki fitur yang tak kalah dibandingkan iOS 10 milik Apple. Multimedia yang paling menarik adalah adanya dukungan virtual reality. Dengan dukungan tersebut melakukan aktifitas seperti bermain game, menonton film akan menjadikannya lebih seru dan makin menyenangkan, karena akan terasa lebih nyata.

5. Widget

iOS 10 akhirnya harus mengikuti apa yang ada di Android. Widget merupakan fitur yang cukup menarik untuk mempercantik tampilan dengan beragam fungsi tentunya. Di iOS 10 ini lah baru terdapat adanya widget. Dengan adanya widget ini akan mampu memberikan informasi tentang aplikasi tanpa perlu kita membuka aplikasi tersebut. Widget di iOS 10 ini berada disisi kiri pada layar. Adanya widget berasal dari aplikasi apa yang diinstal tentunya.

Baca juga Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Update iOS 10 Agar Tidak Menyesal

Android Nougat 7.0 menang besar dalam hal widget. Kenapah? karena widget sudah telah ada sejak lama di Android sehingga beragam widget dapat ditampilkan. Kelebihan widget di Android lainnya yakni bisa dengan leluasa dipasang dimanapun. Berbeda dengan di iOS 10 hanya bisa terpasang di halaman sebelah kiri.

6. Instan Message

iOS 10 memiliki layanan messanger yang khusus hanya untuk pengguna di iOS yaitu iMessage. Dalam pembaharuan di iOS 10 aplikasi iMessage memberikan pengalaman baru dalam berkirim pesan yaitu bisa mengirim pesan dengan emoji, teks yang membesar, ataupun pesan yang tersembunyi kamu juga dapat menambahkan beragam efek yang menarik seperti balon terbang, bintang jatuh, kembang api ataupun conferti di chat. Selain itu fitur standar yang pasti ada di aplikasi chat yaitu mengirim gambar, suara ataupun video sudah tersedia.

Android Nougat 7.0 memiliki layanan chatt yang lebih beragam. Karena tidak hanya satu aplikasi yang tersedia. Tetapi ada  dua aplikasi yang diluncurkan, yaitu Allo dan Duo. Kedua aplikasi bisa berjalan di Android maupun iOS. Berbeda dengan iMessage yang khusus pengguna iOS. Aplikasi Allo ini adalah aplikasi chatting yang serupa dengan iMessage sedangkan Duo aplikasi yang dikhususkan untuk melakukan video call saja.

7. Control Center

iOS 10 memiliki fitur control center yang cukup menarik, karena sudah mendukung layanan 3D Touch. Hal ini membuat penggunanya bisa melakukan berbagai hal di menu tersebut. Hal yang bisa kamu lakukan antara lain mengatur waktu, menghidupkan senter, dan dapat juga mengakses menu musik player dengan cara menswipe kearah kiri.

Android Nougat 7.0 juga memiliki fitur control center. Tetapi lebih terkesan luwes tampilannya. Pengguna juga dapat mengatur apa saja yang mau ditampilkan dalam control center tersebut. Dalam tampilan baru di Android Nougat 7.0 ada 2 tampilan control center yakni tampilan yang lebih singkat dan tampilan penuh. Untuk tampilan yang lebih singkat menunjukan ikon yang paling sering pengguna lakukan. Sedangkan tampilan penuh menampilkan lebih detail dari menu pengaturan tersebut.

8. 3D Touch vs Multitasking

Ini merupakan fitur yang akan menjadi pembeda diantara kedua OS mobile ini. Diantara banyaknya fitur yang serupa fungsinya. Ada yang membedakan secara menonjol dimana hanya ada pada masing-masing OS.

iOS 10 memiliki fitue 3D Touch, ini merupakan teknologi baru yang mampu membedakan tekanan atau sentuhan pada sebuah layar. Contohnya kamu akan bisa untuk mengintip isi dari email masuk dengan cara menekan secara halus, dan untuk bisa melihat keseluruhan isi email tersebut dapat dengan menekan lebih dalam. 

Android Nougat 7.0 memiliki multitasking yang unik juga, yaitu kamu bisa menggunakan dua aplikasi secara bersamaan disatu layar smartphone. sehingga akan lebih efisien dalam menjalankan beragam fungsi seperti melihat video pada youtube sambil membalas pesan atau chating teman.

Itulah beberapa ulasan mengenai fitur-fitur yang dibawa pada masing-masing OS. Beragam fungsi telah diberikan pada updatenya. Tentukan pilihanmu yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.
Tag : Apple
Back To Top