Pages

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Update iOS 10 Agar Tidak Menyesal

iphone ios 10

Apple telah secara resmi memberikan update iOS 10 ke perangkatnya secara menyeluruh. Update tersebut diberikan kepada para pemilik iPhone, iPad dan iPod Touch. Setiap update yang diberikan Apple membawa sebagian besar perubahan yang membuat orang penasaran ingin mencobanya.

Pembaruan dan fitur menarik dibawanya di iOS 10 seperti tampilan lock screen yang baru, desain aplikasi lebih berwarna pada Apple Music dan Apple Maps, aplikasi iMessage yang tampil interaktif, Ada fitur Raise to Wake, pembaharuan pada Siri yang bisa terintegrasi dengan aplikasi buatan pengembang pihak ketiga serta fitur lainnya.

Baca juga Daftar Lengkap Perangkat Apple Yang Dapatkan Update iOS 10


Dengan berbagai fitur yang baru tentu membuat para Fanboy Apple begitu penasaran untuk mencobanya bukan. Tetapi jangan terburu-buru dulu melakukan update iOS 10. Ada beberapah hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu mengupdate ke iOS 10 untuk dapat menjadi persiapan sebelum update perangkatmu.

1. Periksa Apakah Perangkatmu Mendukung iOS 10

Sebelum melakukan update iOS tentu kamu harus memeriksa apakah iPhone, iPad atau iPod Touch yang kamu miliki mendukung ke iOS 10. Karena tidak semua perangkat Apple yang ada saat ini mendukukung iOS 10. Berikut daftar perangkat Apple yang mendukung iOS 10

perangkat yang mendukung ios 10

iPhone dari yang paling baru tentunya ada iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, iPhone 6S Plus, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone SE, iPhone 5S, iPhone 5.

iPad mulai dari iPad Pro 9,7 inch, iPad Pro 12,9 inch, iPad Air 2, iPad Air, iPad 4, iPad mini 4, iPad mini 3, iPad mini 2.

Untuk iPod Touch hanya iPod Touch Generasi ke 6

2. Backup Data

Hal selanjutnya yang wajib kamu lakukan adalah backup data. Hal ini dilakukan untuk persiapan terhadap hal yang tidak kita semua inginkan yakni kehilangan data di iPhone kita misalnya.Dalam setiap update yang dilakukan Apple tentu saja ada jutaan perangkat didunia yang melakukan hal serupa.

backup data iphone

Tidak menutup kemungkinan terjadinya kesalahan atau error pada perangkat kita. Kamu tidak mau bukan jika ingin mencoba OS baru palah mendapati perangkat eror dan kehilangan data tanpa membackup.Untuk mencegah kehilangan data satu-satunya adalah dengan membackup data pada perangkat kita.

Dalam membackup data ada 2 cara yang dapat kamu lakukan yakni backup melalui iTunes di komputer kamu atau melalui layanan Apple yaitu dengan iCloud. Petunjuk lengkapnya dapat kamu baca langsung melalui laman resmi Apple dalam laman Backup iOS

3. Sisakan Ruang Memori Yang Cukup Besar

Untuk melakukan update langsung dari perangkat atau OTA. Kamu harus memperisapkan ruang penyimpanan yang cukup besar di perangkatmu. Minimal sisakan sebesar 4 GB. Meski file update yang diberikan Apple tidak mencapai ukuran sebesar itu tetapi dalam prakteknya perangkat Apple membutuhkan space memori yang cukup besar dalam upate skala besar.

memori iphone

Untuk memeriksa aplikasi apa saja yang memuat banyak memory bisa masuk dalam menu Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage. Hapus beberapa aplikasi untuk menambah ruang penyimpanan.

Setelah selesai update bisa download kembali. Tetapi jangan lupa untuk selalu membackup data didalamnya. Untuk foto bisa kamu backup di komputer atau layanan penyimpana Cloud seperti Dropbox. Untuk Game bisa simpan data di Game Center atau iCloud.

4. Update Aplikasi

Untuk setiap pembaharuan OS yang terbaru biasanya akan diikuti oleh update aplikasi yang mendukung OS baru. Seperti yang saya cek di perangkat iPhone 5S, ada banyak sekali update aplikasi di Apps Store.

iphone 5S

Hal ini karena dukungan aplikasi tersebut terhadap OS terbaru Apple yakni iOS 10. Lakukan update aplikasi lebih awal lebih baik supaya dalam menjalankan OS yang terbaru sudah mendukung dan menghindari crash aplikasi saat dijalankan nanti. 

5. Koneksi Stabil

Dalam melakukan update OS apalagi yang memiliki ukuran besar sebisa mungkin gunakan koneksi yang stabil dan berkecepatan besar. Hal ini untuk menghindari terjadinya kegagalan dalam pengunduhan file update.

koneksi internet

Saat terjadi kegagalan karena koneksi yang putus-putus takutnya akan membuat perangkat eror atau tidak berfungsi. Gunakan internet berkecepatan tinggi yang stabil, misalnya dengan modem wifi atau Wifi rumah dengan layanan internet Fiber Optic. Jangan gunakan wifi gratisan di tempat umum yang belum tentu stabil. 

6. Lihat Reveiw di Grup atau Komunitas Fanboy

Disana terdapat banyak pengguna iPhone yang berkumpul dan saling sharing informasi mengenai perangkan Apple masing-masing. Dalam komunitas biasanya membagikan berbagai informasi yang mereka dapatkan mengenai update iOS terbaru.

apple fanboy

Dengan berbagai info yang kamu peroleh, kamu bisa memutuskan untuk langsung update perangkat kamu atau memutuskan untuk menunggu nanti. Kadang kala update pertama masih terjadi banyak bugs atau eror pada setiap perangkat yang mereka alami.

7. Download File IPSW Saat Ini

File IPSW adalah file OS yang ada dalam perangkat Apple. File ini akan sangat bermanfaat jikala update yang kita lakukan mengalami kegagalan. Unduh file IPSW terbaru saat ini di komputer kamu jika terjadi eror saat melakukan restore.

file ipsw



Dengan menyimpan file IPSW ini proses mengatasi eror pada perangkat Apple kamu akan semakin mudah. Menjaga-jaga untuk hal yang tidak diinginkan saat update perangkat baru tidak ada salahnya bukan.

Selamat mencoba.
Tag : Apple
Back To Top