Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus dan Mengunci Data di Android Dari Jarak Jauh Dengan Mudah

cara menghapus data di android dari jarak jauh
Cara menghapus, mengunci data di Android dari jarak jauh dengan mudah. Dalam kemajuan teknologi smartphone makin hari kian canggih. Fitur-fitur pada smartphone semakin banyak berkembang. Termasuk dalam hal menghapus dan mengunci data di Android dari jarak jauh.

Ini merupakan salah satu fitur keamanan yang ada pada ponsel pintar Android dari Google. Fitur ini berguna saat pengguna smartphone Android hilang atau dicuri oleh orang. Untuk data-data yang penting dan tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Fitur menghapus dan mengunci data pada smartphone Android tentu menjadi suatu kewajiban. Hal ini agar tidak  terjadi hal-hal yang diinginkan seperti data pribadi yang bisa diketahui oleh orang lain  seperti informasi kontak telepon, foto, video atau catatan penting lainnya.

Fitur ini merupakan salah satu fitur andalan dari smartphone Android, hal ini karena fungsinya yang sangat vital untuk pengguna. Apalagi pengguna yang aktif bersmartphone untuk kegiatan sehari-hari.

Atau bahkan menggunakan smartphone untuk bekerja, tentu banyak file-file yang penting yang tersimpan dan sangat berharga bagi pengguna Android.

Android device manager atau disingkat ADM merupakan tool atau program yang akan dapat membuat smartphone kita bisa berdering, mengunci, melacak lokasi, serta menghapus file didalamnya.

Hal yang harus dilakukan agar dapat bisa menjalankan fitur ini adalah smartphone Android kita harus terkoneksi dengan akun Gmail. Akun ini yang akan terhubung dengan perangkat Android yang hilang.

Jadi jangan sampai kita lupa sandi tentang akun Gmail kita. Aktifitas akun Gmail sentantiasa terkoneksi dengan internet. Fitur Android device manager akan selalu terhubung dengan akun gmail kita sehingga kita pun akan dapat mengontrol aktifitas dari jarak jauh.

Fungsi utama dari Android device manager yakni seperti kita melakukan factory reset data dari jarak jaun secara online. Jadi syarat utama agar bisa dilakukan adalah perangkat yang hilang harus dalam kondisi terkoneksi internet serta terhubung dengan akun Gmail kita.

Menghapus dan mengunci data di Android dari jarak jauh tentu dapat dilakukan asalkan akun Gmail masih terkoneksi dengan smartphone Android tersebut.

Berikut tahap yang harus dilakukan agar dapat menghapus data di Android dari jarak jauh

1. Siapkan perangkat komputer untuk login akun Gmail yang akan direset datanya. Login ke akun Gmail yang digunakan pada smartphone Android.

2. Login ke website Android Device Manager.

3. Dalam website tersebut akan menampilkan perangkat smartphone yang terkoneksi dengan akun gmail. Misal saat ini saya menggunakan perangkan Sony Xperia Z1 dengan kode C6903.

4. Dalam keterangan juga menampilkan keterangan waktu, lokasi serta jarak saat ini dengan perangkat tersebut.


5. Jika sudah untuk melakukan hapus data atau factory reset klik pilihan pada "Siapkan Kunci dan Hapus" pilih oke.

Perhatikan juga persyaratan yang harus terpenuhi agar cara ini dapat berjalan untuk menghapus data di android yang hilang. Seperti smartphone harus terhubung dengan internet, terkoneksi dengan akun gmail saat ini, fitur gps yang aktif agar dapat mengetahui lokasi terakhir. 

Semoga bisa bermanfaat tetap ikuti berita dan tips menarik seputar smartphone hanya di blognunan.com