Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Menu Rahasia Smartphone Android

info android

Dalam perangkat seluler seperti smartphone khususnya dengan sistem operasi Android memiliki menu-menu yang terbilang rahasia. Tepatnya menu tersebut diciptakan untuk para developer atau orang-orang yang khususnya menyukai dalam mengoprek smartphone mereka.

Tetapi untuk kamu yang penasaran dengan menu rahasia apakah yang bisa kamu temukan dismartphone Androidmu. Tetapi dalam prakteknya sangat dianjurkan untuk hanya melihat menu apa saja yang ada dan tidak mengubah pengaturan dalam bentuk apapun.

Hal ini akan berdampak pada beberapa fitur yang mungkin saja akan tidak akan berfungsi hingga dapat berakibat fatal. Kerusakan juga sangat mungkin untuk terjadi dan harus membawanya ke service center.

Berita ini dikutip dari Nextren, untuk kamu yang ingin masuk kedalam menu tersembunyi dari smartphone Android  dapat dengan mudah cukup memasukan kode *#*#4636#*# di menu panggilan dan kemudian tekan layar call atau panggil.

Baca juga Android Mana Yang Paling Jarang Crash

Dalam menu yang ditampilkan setelah menekan tombol call biasanya menampikan ada 4 sub menu yakni Phone Information, Battery Information, Wifi Information dan Usage Information.

Mulai dari Phone Information akan terdapat data berupa nomor international mobile station equipment identity atau yang biasa disebut IMEI, jaringan yang saat digunakan, pengaturan preferensi pada jaringan serta menu lainnya.

Kemudian Battery Information disini terdapat informasi mengenai kesehatan baterai smartphone, voltase, dan suhu. Wifi information dapat melakukan berbagai fungsi seperti mematikan atau menghidupkan pada jaringan serta melakukan ping.

Untuk menu Usage Information menampilkan informasi tentang aplikasi terakhir yang dibuka dan keterangan lama waktu smartphone digunakan.

Dalam penggunaan kode tersebut dapat dipakai untuk segala jenis smartphhone Android. Namun tentu karena keberagaman jenis smartphone Android yang ada mungkin saja fungsi kode tersebut akan berbeda satu dengan yang lainnya misal dalam smartphone Android yang berbeda tidak bisa menampilkan semua menu diatas.

Untuk perhatian dalam penggunaan menu-menu yang keluar dari kode pemanggilan tersebut jangan sembarang dalam mengubah pengaturan yang ada. Sebab mungkin akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Misal dalam menggunakan menu turn off phone radio ini akan menjadikan fitur telepon, sms atau internet akan mati dan tak berfungsi kecuali saat menghidupkannya kembali.

Selain itu juga ada kode-kode lain yang bisa dicoba seperti

*#7780#*# masuk mode Factory reset hal ini akan meghapus data aplikasi smartphone tetapi tidak menghapus firmware.

*#06# akan menunjukan kode IMEI pada smartphone

*2767*3855# untuk membackup data berupa foto dan video

*#*#1234#*#* untuk menunjukan firmware smartphone 

*#*#1472365#*#* untuk menguji fitur GPS smartphone

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Apa Saja Menu Rahasia Smartphone Android"