Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Cache iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

iphone 5s
Memiliki perangkat iPhone kadang menjadi masalah tersendiri jika berhubungan dengan masalah memori internal. Hal ini karena dari sejak diluncurkan pertama di tahun 2007 oleh mendiang Steve Jobs iPhone tidak dibekali dengan adanya memori eksternal.

Tetapi keuntungan dari tidak adanya memori eksternal membuat perangkat terasa lebih smooth dan cepat dalam melakukan beragam aplikasi, setidaknya itu yang saya alami hingga kini.

Beragam aplikasi yang ada di App Store membuat kita ingin mengunduh dan menggunakannya bukan, tetapi apa yang terjadi jika perangkat iPhone yang kita miliki terlalu penuh dengan banyaknya file sampah atau cache. Tentu akan semakin mempersempit ruang penyimpanan pada perangkat iPhone yang kamu miliki.

Dari permasalahan yang umum dialami oleh pengguna iphone baik yang 32 GB atau 16 GB. Kehabisan memori internal menjadi permasalahan yang sangat banyak pengguna alami. Kebanyakan aplikasi menyimpan file cache setelah digunakan hingga menumpuk dan menghabiskan ruang internal iPhone.

Baca juga Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Yang Aman

Untuk ini ada cara menghapus cache di iPhone tanpa aplikasi tambahan. Cara yang saya gunakan menggunakan perangkat iPhone 5s posisi iOS 10.1.

Langsung saja cara menghapus cache di iPhone.

1. Pertama kita cek dulu memori internal pada iPhone dengan masuk pada menu pengaturan pilih umum pilih simpanan dan penggunaan iCloud pilih kelola penyimpanan. Cek sisa memori tersedia dan lihat beragam ukuran aplikasi yang digunakan.


2. Setelah itu masuk pada aplikasi iTunes Store, cari film yang berukuran besar, dan besarnya lebih dari sisa penyimpanan internal tadi. disarankan film yang berukuran lebih dari 5GB.

3. Jika sudah ketemu tekan pada menu BUY, biarkan proses berjalan hingga muncul peringatan tidak dapat mengunduh, ulangi langkah tersebut beberapa kali. Disarankan lebih dari 3 kali.



Cara Menghapus Cache Data iPhone

4. Setelah itu kembali masuk pada menu pengaturan pilih umum pilih simpanan dan penggunaan iCloud pilih kelola penyimpanan. Cek sisa memori apakah memori iPhone kamu bertambah.

Langkah tersebut dilakukan dalam memanfaatkan layanan iTunes Store yang bekerja membersihkan sisa file cache pada aplikasi yang terinstal diperangkat iPhone untuk dapat diisi dengan film yang akan di unduh.

Langkah tersebut bisa juga dilakukan untuk perangkat iPad dengan cara yang sama. Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan cara ini :

Dalam praktek membeli film yang ada di iTunes Store harus memiliki Apple ID yang tidak mempunyai sistem pembayaran kartu kredit atau iTunes Gift Card. Hal ini untuk menghindari terpotongnya saldo yang ada. 

Jika terlanjur sudah memiliki maka buat Apple ID baru untuk dapat melakukan cara diatas,  Itulah cara menghapus cache data iPhone tanpa aplikasi tambahan, semoga bisa bermanfaat.