Pages

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Android Dengan Mudah dan Simpel

Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Android Dengan Mudah dan Simpel

Sinyal hilang di Android mungkin suatu kejadian yang sering dialami oleh para pengguna smartphone dari Google. Setiap smartphone memiliki jangkauan jaringan yang berbeda-beda tergantung spesifikasi yang dibawa ponsel tersebut.

Di perkembangan jaman yang semakin maju kini jaringan pada smartphone telah sampai di era 4G atau LTE. Dulu mungkin jaringan 3G sudah sangat cepat, tetapi sekarang sudah sampai ke era 4G. Bahkan dalam pengembangannya sudah mulai memasuki jaringan 5G yang tentu akan lebih kencang lagi.

Dari perkembangan jaringan yang semakin cepat bukan berarti tidak ada masalah yang dialami. Percuma saja sinyal cepat tetapi smartphone tidak dapat menjangkaunya karena ada masalah tertentu.

Dalam berbagai kasus kehilangan sinyal pada Android sering dialami oleh pengguna. Untuk mengatasi sinyal yang hilang tentu harus mengetahui apa sebabnya. Mari kita pelajari sebab yang mungkin terjadi sehingga terjadinya sinyal yang hilang pada smartphone.

Hal-hal yang mungkin menjadi penyebab sinyal hilang di Android

  • Jaringan atau sinyal diluar jangkauan smartphone, misalnya di pedesaan,penggunungan atau puncak tentu akan smartphone akan susah menjangkau.
     
  • Kesalahan pengguna seperti jatuhnya perangkat yang menyebabkan kerusakan hardware.
     
  • Cuaca yang kurang mendukung, misalnya dalam keadaan hujan lebat juga akan mempengaruhi penerimaan sinyal.
     
  • Penumpukan cache network pada smartphone android.
     
  • Adanya aplikasi yang mungkin menghambat penerimaan sinyal (malware).
     
  • Pengaturan perangkat yang hanya menjangkau jaringan 3G/4G saja sedangkan jaringan tersebut tidak tersedia.
     
  • Perbaikan jaringan oleh operator seluler.
Itulah beberapa penyebab yang mungkin menghambat terjadinya penerimaan sinyal Android atau hilangnya sinyal, dan masih banyak faktor lainnya

Berikutnya hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinyal yang hilang pada smartphone Androidmu :

1. Mengaktifkan Mode Pesawat Pada Smartphone Android

Mode pesawat atau Airplan Mode merupakan mode digunakan dimana ketika kita sedang berada pada pesawat terbang. Dengan mengaktifkan mode pesawat maka smartphone akan otomatis terputus jaringan atau sinyal.

Dengan begitu maka penerimaan sinyal akan terhenti. Hidupkan kembali setelah beberapa waktu, otomatis akan merefresh penerimaan jaringan.


Baca juga Cara Mudah Scan Dokumen Dengan Android Tanpa Printer

 
Masuk kedalam pengaturan lalu aktifkan mode pesawat. Tunggu sampai muncul gambar pesawat dibagian jaringan. Jika sudah,non aktifkan kembali mode pesawat.

2. Restart Perangkat Smartphone Android

Melakukan restart atau menghidupkan kembali perangkat. Tekan tombol power pada smartphone hingga sampai dalam keadaan mode off atau mati. Biarkan beberapa saat kemudian nyalakan kembali perangkat smartphone.

3. Ubah Mode Penerimaan Jaringan Smartphone

Dalam perkembangan hingga kini smartphone memiliki 3 jenis jaringan seluler mulai dari 2G, 3G dan 4G. Untuk jaringan masing-masing memiliki frekuensi yang berbeda dari 2G (850/900/1800/1900 MHz), 3G (900/2100 MHz), 4G atau LTE yang bekerja lebih dari 2100 MHz

Jika kita berada pada jaringan penerimaan sinyal hanya 850, 1800 maka untuk yang memilih jaringan 3G saja tidak akan terjangkau atau tidak ada sinyal.

Untuk memilih jaringan masuk ke menu setting pilih wireless and networks pilih mobile network pilih network mode. Pilih GSM only atau WCDMA Prefered. Karena kemungkinan jaringan HSDPA belum terjangkau.

4.  Bersihkan Cache Network

Dalam penggunaan smartphone tentu kadang banyak file cache yang menumpuk dan kemungkinan dapat mengganggu dalam hal penerimaan sinyal. Untuk aplikasi yang mungkin bisa diandalkan dalam pembersihan yakni Clean Master.

5. Periksa SIM Card

Untuk hal ini perlu mematikan perangkat seluler terlebih dahulu, lalu lepaskan SIM Card dari smartphone. Apakah SIM Card sudah terpasang dengan benar, atau SIM Card mengalami kerusakan bisa dilihat langsung.

Dengan melepas dan memasangnya kembali juga akan dapat merefresh jaringan pada SIM Card tersebut.

6. Reset Ulang Perangkat (Factory Reset)

Cara ini dilakukan jika semuanya telah dicoba dan tidak juga mendapatkan sinyal. Mereset Ulang perangkat ke kembali pengaturan awal akan dapat membersihkan semua file-file didalamnya. Termasuk file-file penting yang tersimpan dalam memori internal.

Jadi sebelum melakukan factory reset backup dulu data yang tersimpan dalam perangkat smartphone.

Untuk melakukan factori reset caranya masuk dalam menu setting pilih backup and reset lalu pilih factory reset data. Maka smartphone akan kembali kepengaturan awal seperti baru.

Sekian tips cara mengatasi sinyal yang hilang di Android, semoga bisa bermanfaat dan mendapatkan kembali sinyal yang hilang.
Back To Top