Pages

Google Kecilkan Ukuran Aplikasi Play Store Hingga 90 %, Percepat Proses Unduhan

Google Kecilkan Ukuran Aplikasi Play Store

Memiliki smartphone dengan memori internal yang terbatas kadang menjadi permasalahan yang cukup mengganggu. Saat ada game atau aplikasi yang keren dan cukup menarik sehingga membuat kita ingin mengunduhnya dan menggunakannya. Tetapi tebentur masalah sisa ruang memori internal yang tinggal sedikit maka akan mengurungkan niatnya untuk menginstal diperangkat smartphonemu bukan. 

Masalah ini tidak hanya terjadi pada satu orang saja, tetapi kebanyakan orang yang menggunakan smartphone dengan kapasitas internal memori yang tergolong kecil. Menghapus aplikasi lain menjadi pilihan yang bisa diambilnya.

Namun untuk mengatasi masalah tersebut Google selaku pemilik sistem operasi Android telah menemukan jalan keluarnya. Google telah berhasil dalam mengatasi besarnya memori file pada aplikasi Android. Google telah menemukan suatu cara dalam menyusutkan fille aplikasi yang ada di Play Store. Tidak hanya aplikasinya saja tetapi juga beserta file update aplikasi tersebut.

Dengan begitu permasalahan dalam besarnya ukuran aplikasi di Play Store akan segera teratasi. Ruang memori smartphone juga akan lebih longgar, proses pengunduhannya juga lebih cepat.

Sebenarnya Google telah mampu memangkas besarnya ukuran aplikasi di Play Store dari yang semula penuh hingga terpangkas sebesar 47 %. Hal ini dapat terjadi dengan algoritma bsdiff ( Binary  diff/pacth utility) yang bisa memangkas ukuran delta hingga mencapai 50 % atau bahkan lebih dibanding algoritma yang lama.

Baca juga Gabungan Raksasa Teknologi VR Menjadi Satu Bernama GVRA

Dengan metode mengaplikasikan pacth kedalam file binary, bsdiff dapat memperoleh patch binary berukuran 50 hingga 80 % lebih kecil dari ukuran Xdelta.

Namun kini Google menemukan cara lain yang dapat ditempuh sehingga dalam pemangkasan ukuran file bisa mencapai 65 % dari ukuran yang telah dipangkas bsdiff. Google juga mengatakan dalam beberapa kasus yang berbeda Google dapat memangkas ukuran hingga mencapai 90 % dengan cara patching File-by-File. 

Akan tetapi dalam sementara waktu teknologi patching ini hanya bisa dipakai untuk keperluan update aplikasi. Dengan demikian dalam hal mengupdate aplikasi akan menjadikannya lebih cepat dan lebih efisien menghemat ruang memori dalam update secara manual.

Untuk penjelasan secara mudahnya Google menerangkan, dalam kelebihan dari patch ini diibaratkan ada seseorang penulis buku yang akan diterbitkan, tetapi terdapat kesalahan penulisan kalimat dibuku tersebut, penyelesaiannya cukup dengan hanya mengganti kalimat yang salah tanpa harus memperbaiki buku secara menyeluruh.

sumber
Tag : Aplikasi
Back To Top