Pages

Menyedihkan, Cyanogen Hentikan Layanan Mulai Akhir Tahun 2016

Menyedihkan, Cyanogen Hentikan Layanan Mulai Akhir Tahun 2016
Kabar menyedihkan datang dari Cyanogen, layanan yang sering dinanti oleh para penggemar custom rom Android menyatakan diblog resminya akan menghentikan dukungan rom Cyanogenmod pada akhir bulan desember tepatnya 31 Desember 2016.

Untuk para pecinta custom rom Android kabar ini menjadi kabar yang kurang menyenangkan. Sebab dengan dihentikannya layanan dari Cyanogen maka otomatis tidak akan lagi ada dukungan penuh dari Cyanogen untuk mendapatkan rom baru yang selalu dinanti untuk beberapa smartphone Android.

Sebagai konsekuensinya pemberhentian dukungan tersebut akan dilakukan secara bertahap mulai tanggal tersebut. Hingga berakhir sepenuhnya. Dalam beberapa bulan silam Cyanogen telah diterpa berbagai rintangan. Sampai akhirnya mengambil langkah untuk merumahkan 30 karyawannya.

Baca juga Nokia Android Z2 Plus Muncul di Geekbench Dengan Spesifikasi RAM 4GB

Tidak ada penjelasan resmi mengenai masalah yang dihadapi oleh Cyanogen sehingga memutuskan untuk menghentikan layanannya. Cyanogen sendiri cukup populer diawal kemunculannya dalam hal custom rom Android.

OnePlus merupakan salah satu perusahan yang menggunakan layanannya pada produk pertama mereka yakni Oneplus One. Sebenarnya produk tersebut cukup diminati banyak konsumen.

Tidak hanya OnePlus ada juga Micromax dari India, serta Lenovo dengan produk Zuk Z1. Akan tetapi kerja samanya tak berjalan dengan lancar. Hal ini terbukti dari tak ada pemberian update terbaru dari Zuk Z1.

Sayangnya dengan kepopulerannya dan banyak pengguna yang memakai custom rom dari Cyanogen tak mampu membuat perusahaan ini terus bertahan.

Sebenarnya Cyanogen sedang merencanakan proyek baru yang disebut Cyanogen Modular OS. Proyek ini direncanakan oleh Lior Tal selaku CEO baru yang menggantikan Kirt McMaster. Akan tetapi itu tak akan terwujud dengan berhenti beroperasinya Cyanogen.

Dalam beberapa berita juga mengungkapkan Cyanogen telah menggelembungkan jumlah pengguna hingga 10 juta pengguna aktif. Hal ini dilakukan untuk mengamankan dana para investor yang telah mendukung perusahaan beroperasi.

Kondisi semakin memburuknya Cyanogen semakin terlihat dengan hengkangnya salah satu pendiri Cyanogen yakni Steve Kondik pada awal bulan Desember tahun 2016.

Dengan ini masa depan Cyanogen hanya akan bergantung pada komunitas. Apakah akan tetap mengembangkan atau akan ikut berhenti seperti perusahaan tersebut. Simak terus beritanya hanya di blognunan.com

sumber
Tag : Android
Back To Top