Pages

Cara Mudah Scan Dokumen Dengan Android Tanpa Printer

Cara Mudah Scan Dokumen Dengan Android Tanpa Printer
Melakukan scaning sudah biasa dilakukan, mulai dari di kantor, sekolahan atau tempat lainnya. Proses scan yang biasa dilakukan yaitu dengan menggunakan printer. Printer sendiri ada yang bisa melakukan scaning ada juga yang tidak.

Bagaimana jika dalam keadaan mendesak dirumah kita harus melakukan scan namun dirumah tidak memiliki alat scan?. Smartphone jawabannya. Iah smartphone kini dapat melakukan berbagai macam fungsi yang menunjang aktifitas.

Termasuk dalam menscan file untuk disimpan dalam format jpeg atau pdf. Sebenarnya ada cara lain yaitu dengan pergi ke tukang foto copy untuk melakukan scan. Tetapi cara tersebut cukup membuat repot apalagi jika jaraknya jauh dan memakan waktu lama.

Kenapa tidak memanfaatkan yang lebih mudah dan simple. Smartphone yang biasanya digunakan untuk browsing, social media, foto ataupun menonton di youtube, bisa juga dimanfaatkan untuk scan.


Baca juga Cara Mudah Memindahkan Data Dari iOS ke Android

Yang dibutuhkan untuk melakukan proses scaning di smartphone Android yakni tentu harus ada smartphone, dan jangan lupa instal aplikasi CamScanner.

Aplikasi ini nantinya yang akan berfungsi untuk melakukan proses scan di perangkat smartphone Android. Untuk yang belum menginstal bisa mencari dan mendownload di Google Play Store.

Untuk aplikasi CamScan sendiri tersedia gratis untuk perangkat Android, berbahagialah yang menggunakan Android. Karena untuk perangkat iOS harus mengeluarkan dana sebesar US$ 1,99 atau sekitar Rp 25 ribu rupiah.

Cara kerja aplikasi CamScan yakni melakukan scan, menyimpah hasil scan dan mensikronisasikan file hasil scan dengan berbagai perangkat mulai dari smartphone, tablet serta komputer.

Melakukan scan di smartphone Android terbilang mudah dan tidak ribet. Pertama jika sudah menginstal aplikasi tersebut langsung saja buka aplikasi ScanCam. Lebih jelasnya lihat video tutorial dibawah ini.

Ikuti panduan yang ada didalam aplikasi mulai dari melakukan register, setelah selesai, masuk dengan akun tersebut lalu mulai melakukan scan dengan mengklik logo kamera yang terletak pada bagian bawah kanan.

Dalam kerjanya aplikasi ini memanfaatkan kamera pada smarphone Android. Scan yang dilakukan dapat menscan beragam file seperti ktp, kartu keluarga, ijazah, sertifikat tanah, atau beragam surat penting lainnya.

scan dengan android
Setelah selesai melakukan scan maka file hasil scan tersebut dapat disimpan dalam format jpeg dan PDF. Selanjutnya file tersebut dapat dibagikan ke email ataupun media sosial. Dan akan dikirimkan link untuk mengunduhnya.

Cukup mudah bukan? jadi saat-saat penting atau sedang keadaan printer sedang rusak, kamu dapat memanfaatkan smartphonemu untuk menscan beragam dokumen penting. Selamat mencoba semoga bermanfaat.
Back To Top