Pages

Cara Mudah Memindahkan Data Dari iOS ke Android

Cara Mudah Memindahkan Data Dari iOS ke Android
Memilih perangkat yang terbaik untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari memang akan menjadi pilihan yang tepat jika telah mencobanya. Seperti juga menggunakan perangkat smartphone. Untuk setiap perangkat smartphone memiliki keunggunalannya masing-masing.

Android memiliki keunggulan dalam hal kemudahannya untuk mengkostumisasi tampilan, banyak aplikasi gratis yang tersedia, serta dengan open soure sehingga memudahkan banyak developer membuat aplikasi dengan lebih bebas. Berbeda dengan iOS yang tampilannya lebih monoton namun tetap lembut dan enak dipandang, serta kecepatanya dalam menggunakan setiap aplikasi.

Tetapi iOS memiliki sistem yang ketat dalam menyeleksi setiap aplikasi di Apps Storenya sehingga membuat perangkat iOS lebih bisa dikatakan aman dari malware. Untuk pilihan tergantung kebutuhan setiap pengguna. Mau memilih iOS atau Android.

Jika telah menggunakan iOS dan Android pasti mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kemudian bagaimana jika kita ingin beralih dari iOS ke Android? apakah ada cara untuk memindahkan data-data yang terlanjur tersimpan dalam perangkat iOS?

Tentu ada cara yang dapat ditempuh untuk memindhakan data dari iOS ke Android. Cara yang digunakan ini tidak terlalu rumit dan cukup mudah.

1. Gunakan aplikasi Google Drive

google drive

Aplikasi buatan Google ini telah mendapatkan update terbaru sehingga dapat digunakan untuk menyimpan data-data di perangkat iOS. Update yang diberikan ini memiliki fitur untuk menyederhakan proses transfer data dari iOS ke Android. Jika belum menginstal segeralah instal aplikasi Google Drive di perangkat iOSmu.

2. Backup data di iOS ke dalam aplikasi Google Drive

Jika aplikasi Google Drive telah terinstal diperangkat iOS, lakukan proses backup data. Masuk kedalam aplikasi Google Drive pilih setting dan pilih backup. Tampilah pada aplikasi memperlihatkan keseluruhan data yang akan dapat ditransfer.


Cara Mudah Memindahkan Data Dari iOS ke Android


Data tersebut meliputi, foto, video, kontak dan kalender. Setelah memilih data mana saja yang akan dibackup langsung tekan pilihan start backup. Proses pengunggahan data akan segera berlangsung.

Dalam proses pengunggahan data akan memakan waktu yang cukup lama tergantung dari seberapa besar data yang akan dibackup. Dalam proses ini disarankan perangkat dalam keadaan terhubung dengan wifi karena membutuhkan ukuran data yang cukup besar.

Jika proses telah selesai Google Drive akan memberikan notifikasi bahwa proses telah selesai. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama kemungkinan berjam-jam, disarankan jangan sampai perangkat kehabisan daya baterai agar proses backup tidak mengalami kegagalan.

3. Masuk aplikasi Google Drive di Android

Setelah proses backup selesai diperangkat iOS maka tinggal kita beralih keperangkat Android dengan gmail yang sama. Secara otomatis perangkat di Android akan menyimpan data-data yang telah berpindah kedalam aplikasi Google Drive. Dalam hal ini perangkat Android akan melakukan sinkronisasi terlebih dahulu

Dengan begitu maka data-data yang ada di iOS akan otomatis berpindah keperangkat Androidmu yang baru. Fitur tersebut juga ada di Aplikasi "Move to iOS" data di Android akan dapat berpindah ke iOS jika ingin beralih dari Android ke iOS, mudah kan jika kita ingin beralih perangkat.

Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan dalam memindahkan data dari iOS ke Android dengan Google Drive kita tidak bisa memindahkan data di iMessage ke Android.

Hal tersebut berbeda dengan aplikasi "Move to iOS" yang memiliki keunggulan dapat memindahkan data message di Android ke iOS. Jadi jika pengguna iOS ingin memindahkan data iMessage harus menyalin satu persatu ke dalam email, semoga bermanfaat.   
Back To Top