Pages

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Yang Aman

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone Yang Aman

Melakukan pengisian baterai smartphone merupakan sesuatu yang umum setiap hari orang lakukan. Hal ini bertujuan agar perangkat seluler dapat digunakan kembali. Jika tidak maka perangkat dengan baterai kosong akan menjadi sebuah barang yang tak memiliki fungsi apa-apa.

Tetapi pada praktenya melakukan pengisian baterai pada smartphone tergolong memiliki waktu yang relatif lama sehingga membuat orang harus menunggu lebih lama. Ada sebagian besar orang yang tetap menggunakannya pada saat sedang diisi, tetapi tahukah kamu kalau hal ini memberikan dampak yang kurang baik terhadap kesehatan baterai smartphone.

Untuk itu hindari melakukan penggunaan baterai pada saat sedang pengisian. Di era yang semakin canggih sekarang ini teknologi semakin berkembang pesat. Solusi pengisian yang lebih cepat sudah mulai diterapkan pada produk smartphone high end, atau flaghship. Teknologi fast charging merupakan salah satu solusi melakukan pengisian ulang baterai smartphone lebih cepat.

Akan tetapi fitur tersebut baru mulai di aplikasikan pada produk kelas atas smartphone yang tentunya memiliki harga relatif tinggi dipasaran. Sedangkan untuk yang telah memiliki smartphone tetapi belum ada fitur fast charging bagaimana agar bisa melakukan pengisian lebih cepat?

Ada cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang bisa kamu lakukan, akan tetapi kecepatan yang diperoleh tidak sama dengan fitur fast charging yang ada pada smartphone flaghship saat ini yah, ini hanya mengoptimalkan pengisian agar lebih cepat dalam pengisian baterai pada smartphone.

Hasilnya juga akan berbeda pada setiap smartphone, ini karena perbedaan fitur dan spesifikasi pada smartphone. Lanjut ke cara mempercepat pengisian baterai smartphone yah. Hal yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut :

1. Matikan smartphone saat melakukan pengisian baterai

Mematikan smartphone merupakan salah satu cara yang ampuh dalam mempercepat pengisian baterai. Hal ini karena smartphone yang sedang dalam keadaan menyala terus dicharge akan terus bekerja melakukan fungsinya seperti mencari sinyal, terhubung dengan internet apalagi untuk layanan 3G atau 4G yang tentunya membutuhkan daya yang besar, serta beragam fungsi yang bekerja dibelakang layar.

Dengan kita mematikan smartphone sepenuhnya dalam keadaan off maka proses tersebut akan ikut berhenti juga. Smartphone akan melakukan fungsi pengisian secara lebih optimal. Kecepatan dalam pengisian bateraipun akan meningkat sehingga cepat terisi penuh.

2. Mengaktifkan fitur mode pesawat pada smartphone

Cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang kedua yakni dengan mengaktifkan mode pesawat pada smartphone. Fitur tersebut sebenarnya dikhususnya fungsinya ketika kita dalam sebuah penerbangan dipesawat agar tidak mengganggu jaringan pada pesawat terbang. Selain untuk itu manfaat lainnya dengan mengaktifkan mode pesawat adalah mampu membuat pengisian lebih cepat dan optimal.

Baca juga Google Kecilkan Ukuran Aplikasi Play Store Hingga 90 %, Percepat Proses Unduhan

Hal ini karena dengan mengaktifkan mode pesawat akan menghentikan penerimaan sinyal radio nirkabel pada smartphone. Sehingga mengurangi fungsi smartphone dalam bekerja, dan mengoptimalkan dalam pengisian baterai. Kurangi kecerahan layar smartphone akan membuat lebih cepat dalam mengisi.

3. Gunakan charger original smartphone

Selalu gunakan charger original dalam mengisi smartphone kamu. Hal utama yang paling penting adalah kesehatan baterai smartphone, dengan menggunakan charger original maka baterai smartphone akan lebih awet dalam penggunaannya.

Selain awet penggunaan charger original juga terbukti lebih cepat, hal ini karena ukuran sudah diatur sedemikan rupa dengan kapasitas baterai smartphone. Setiap smartphone memiliki daya dan ukuran baterai yang berbeda-beda. Jadi jangan coba-coba gunakan charger yang bukan original. Hal ini akan berdampak pada kesehatan baterai dan akan lebih mudah rusak.

4. Jangan gunakan smartphone saat sedang pengisian

Menggunakan smartphone saat sedang dalam pengisian merupakan bukan suatu yang bijak. Hal ini dapat mengurangi kesehatan baterai, seperti yang telah disebutan awal tadi. Maka hindari benar dalam penggunaan smartphone sampai benar-benar telah selesai.

Menggunakan smartphone dalam pengisian juga akan dapat memperlambat pengisian baterai smartphone hal ini karena smartphone terus bekerja melakukan berbagai fungsi yang tentunya akan terus menguras baterai smartphone kamu.

5. Matikan beberapa fungsi pada smartphone

Fitur yang terdapat pada smartphone kadang akan tetap berfungsi saat keadaan menyala dan terus mengurangi daya baterai smartphone. Karena dari itu alangkah baiknya matikan beberapa fitur yang terdapat pada smartphone saat pengisian, mulai dari fitur GPS, Wifi, serta Bluetooth. Dengan begitu akan dapat mempercepat pengisian smartphone.

Itulah beberapa penjeleasan mengenai cara mempercepat pengisian baterai smartphone yang aman. Semoga bisa berguna dan memberi manfaat bagi semuanya.
Back To Top