Pages

Panasonic Mulai Kembangkan Baterai Lithium-ion Yang Tipis Dan Bisa Dilipat

baterai panasonic

Baterai merupakan salah satu komponen yang terpenting dalam sebuah perangkat elektronik. Panasonic merupakan salah satu perusahaan yang memasok baterai terbesar didunia yang digunakan pada perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Karena faktor tersebutlah membuat Panasonic terus memberikan inovasi pada produk buatanya.

Yang terbaru Panasonic memperkenalkan baterai berjenis lithium-on yang memiliki fitur menarik, yakni baterai yang dikembangkan Panasonic berbeda dengan baterai pada umumnya yang kaku dan bentukna tetap. Baterai lithium-on dari Panasonic dapat ditekuk dan fleksible.

Baterai buatan Panasonic ini memiliki keunggulan yang menarik untuk diperhatikan karena baterai ini dapat dilipat hingga 15 derajat, dan dapat kembali kebentuk semula. Baterai ini dibuat untuk beragam perangkat mobile sehingga memiliki kemampuan pengisian ulang agar dapat digunakan berkali-kali.

Keunggulan lainnya yang dimiliki yaitu bentuknya yang amat tipis, berukuran hanya 0,55 mm tebalnya. Ini masi dalam pengembangan jadi kemungkinan ukuran nanti dalam produksi masih dapat berubah. Karena bentuk dan ukuran yang sangat kecil tersebutlah membuat baterai besutan Panasonic sangat cocok untuk berbagai perangkat mobile atau wearable seperti jam pintar.

Dalam pengembangan yang dilakukan Panasonic kapasistas yang ada masih sangat kecil sehingga untuk penggunaan dalam perangkat mobile masih belum dapat diaplikasikan. Pengembangan yang dilakukan panasonic membuat baterai lithium-on berukuran 17,5 mAh, 40 mAh, dan 60 mAh. Ketiga ukuran tersebut terbilang masih sangat kecil untuk penggunaan perangkat mobile tentunya.

Baca juga Google Resmikan Aplikasi Youtube Go Pertama di India

Tetapi jangan kuatir untuk kedepannya Panasonic pasti akan terus melakukan inovasi dan pengembangan untuk baterai buatanya. Dengan begitu tentu baterai yang akan beredar dipasaran akan memiliki standar yang cukup untuk penggunaan pada perangkat mobile. Pengembangan yang dilakukan juga akan terus ditingkatkan karena banyak faktor yang mempengaruhi seperti faktor keamanan pada baterai. 

Panasonic akan menciptakan baterai yang aman dari ledakan, karena meski mampu dilipat dan ketebalannya sangat kecil, baterai buatanya akan tetap terjaga dari bocor dan ledakan. Ini karena adanya lapisan khusus yang akan tetap menjaga kondisi baterai walaupun baterai dilipat berulang-ulang.

Melalui situs resminya Panasonic, baterai lithium-on produksinya akan mulai tersedia pada akhir oktober. Banyak sekali perusahaan teknologi yang berlomba-lomba melakukan inovasi pada produk buatanya yang fleksibel. Sebut saja perusahaan asal negara gingseng Korea Selatan LG dengan produk smartphone Fleksibelnya LG G Flex. Kedepannya kemungkinan besar akan banyak perusahaan teknologi lain yang akan terjun ke bisnis serupa menciptakan perangkat yang fleksibel.
Tag : Gadget
Back To Top