Pages

Google Gelontorkan Jutaan Dolar Untuk Biaya Iklan Pixel

Google Pixel dan Pixel XL

Google membuktikan keseriusannya dalam terjun keranah bisnis hardware smartphone dengan meluncurkan Google Pixel dan Pixel XL. Tidak hanya sekedar meluncurkan brand baru Google juga membuktikan keseriusannya dalam hal mengiklankan Pixel. Google rela menggelontorkan jutaan dolar hanya untuk mempromosikan Pixel dalam iklan.

Dalam promosi yang awal dilakukan Google tidak tanggung-tanggung dana yang dikeluarkan oleh raksasa teknologi ini. Media awal yang ditempul Google dalam mempromosikan smartphone terbarunya adalah dengan media televisi. Untuk biaya yang digunakan dalam promosi melalui media televisi saja sudah mencapai angka 3,2 juta U$ Dollar atau sekitar 42,5 miliyar rupiah. 

Dana yang tidak sedikit bukan untuk mempromosikan produk Pixel dari Google. Hal ini bukan menjadi masalah besar tentu dari Google. Dana yang dikeluarkan itu terhitung sejak dua hari peluncuran Google Pixel dan Pixel XL.

Baca juga Google Resmikan Duo Pixel Terbaru Google Pixel dan Pixel XL dengan Segudang Kelebihan

Dari jumlah dana yang cukup fantastik oleh Google yang dikeluarkan ini semata-mata bukan tanpa alasan, tetapi karena ambisi besar Google untuk ikut bersaing dalam pangsa pasar smartphone yang dominan dikuasai oleh dua raksasa smartphone Apple dan Samsung.

Alasan lain yang membuat Google rela mengeluarkan dana sebesar itu karena produk Pixel dan Pixel XL merupakan produk pertama yang dibuat dan pengembangannya asli dari Google. Berbeda dengan brand nexus dulu yang menggunakan produk yang telah ada sebelumnya hanya merebrand dengan brand nexus serta denga OS Android murni Google. 

Meski Google merupakan raksasa search engine terbesar serta pemilik OS terpopuler sejagad raya dengan Androidnya, tetapi dalam hal perangkat smartphone Google masih kalah penjualannya oleh raksasa teknologi lainnya. 

Brand Samsung masih kokoh dipuncak dalam penjualannya serta terus diikuti oleh Apple dengan iOS nya yang ekslusif di iPhone. Sehingga membuat Google terus mencari cara untuk dapat bersaing dengan mereka. Serta tidak lupa brand dari negara tirai bambu yang terus memberikan inovasi yang tentu akan menjadi saingan dalam bisnis smartphone.

Hal tersebut sangat wajar untuk Google dalam mengiklankan produk Pixel dengan dana lebih, karena ini pertama juga Google menjual produk smartphone dengan nama Google sendiri.

Kabar kebenaran dana yang digelontorkan Google dalam iklan juga terkonfirmasi oleh Mario Queiroz selaku Google Vice President Of Product Management. Dia mengakui kebenaran adanya dana untuk kampanye marketing yang cukup besar. Menurut dia Google akan membeli iklan yang tanyang pada pertandingan footbal dihari raya Thanksgiving untuk mempromosikan Pixel.

Akan tetapi iklan yang Google tampilkan dalam produk Pixel masih dinilai kurang original. Hal ini karena dalam tampilan yang ada masih ada kemiripan dengan iklan yang dipakai oleh Apple di iPhone, seperti tampilan background belakang dengan warna putih dan diikuti oleh smartphone yang berputar untuk detail perangkat.

Dalam pendapat oleh Mike McKay yang juga selaku Chief Creative Officer Iklan di Eleven Inc, mengatakan dalam iklan harus lebih inovatif sehingga menampilkan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang telah ada.


sumber
Tag : Android
Back To Top