Pages

Hal Menarik Apa yang Bisa dilakukan Oleh Smartwatch

android wear

Smartwatch merupakan penunjang perangkat smartphone agar dapat memberikan pengalaman lebih dalam menggunakan perangkat seluler. Jika smartwatch digunakan dengan sebaik-baiknya maka potensi menggunakan smartphone akan dapat berkurang dengan diganti dengan sebuah smartwatch.

Serupa dengan sebuah smartphone, smartwatch dapat digunakan layaknya smartphone untuk menerima notifikasi, pesan dan dapat membalas pesan secara singkat, digunakan mengontrol musik melalui beragam aplikasi yang ada didalamnya.

Aplikasi yang tersedia pada perangkat smartwatch masih minim ketimbang sebuah smartphone ini dikarenakan usia masih sangat baru berbeda dengan smartphone yang sudah ada sejak lama. Dengan keterbatasan tersebut bukan berarti kita tidak bisa menggunakan untuk hal-hal yang menarik bukan.

Semakin berkembangnya smartwatch menjadikan fungsinya lebih dari hanya sebatas aplikasi. Tetapi sudah merambah ke hal yang lebih besar lagi. Smartwatch kini juga sudah dapat terintegrasi dengan selain smartphone, ada juga smartwacth yang sudah dapat berdiri sendiri tanpa bantuan smartphone dalam menjalankan fungsinya.

Apa saja hal-hal menarik yang bisa dilakukan dengan smartwatch, mari kita simak beragam hal yang bisa dilakukan.

1. Pembayaran Transaksi


Dalam perkembangan teknologi bukan hal yang mustahil jika dompet akan digantikan dengan sebuah smarwatch. Hal yang sangat mudah jika membayar hanya dengan menempelkan sebuah smartwatch di kasir.
Apple NFC
Di negara-negara maju hal tersebut sudah dapat dilakukan. Dengan adanya fitur Apple Pay di Apple Watch membayar segelas kopi atau tiket di bioskop sudah dapat dilakukan. Tidak hanya raksasa Amerika saja, Samsung juga memiliki fitur serupa di Smartwatch terbaru mereka yakni Gear S2.

Hal ini dapat dilakukan karena adanya teknologi nirkabel NFC (Near Field Communication). Penggunaan teknologi NFC sudah hadir di perangkat pintar Android dan iOS.Untuk di negara Indonesia teknologi tersebut masih belum terlalu familiar dan belum banyak digunakan. Ada perusahan yang sudah menggunakan teknologi tersebut yakni Bank Mandiri tetapi hanya sebatas dalam pengisian kartu e-Money.

2. Penggunaan Dalam Mobil

Aplikasi memang banyak memberi manfaat dalam kebutuhan sehari-hari. Tak ketinggalan dalam penggunaan kendaraan pribadi seperti sebuah mobil. Dengan Aplikasi yang ada di smartwatch kamu dapat mengatur beberapa fungsi mobil.
Apple Watch
Fungsi yang dimaksudkan ini bukan sepenuhnya mengendarai mobik dengan sebuah smartwatch tetapi fungsi dasar seperti membuka kunci, mengatur temperatur kabin, menyalakan mesin mobil. Beberapa produsen mobil ternama mulai menerapkan hal ini seperti Volvo dan Hyundai, dan yang berencana ada Ford yang akan ikut menerapkannya.

Setelah mendirikan pusat riset di Silicon Valley, Ford berencana menjadikan perusahaannya untuk masuk dalam industri mobility.  Aplikasi yang dapat digunakan untuk mengontrol mobil bernama MyFord Mobile untuk perangkat Apple Watch dan Android Wear tetapi perlu diketahui fungsi tersebut hanya baru diaplikasikan pada mobil listrik.


3. Notifikasi Skype


Dalam aplikasi Skype kini semakin dipermudah untuk pengguna smartwatch. Untuk dapat membalas pesan di Skype kini bisa langsung dengan sebuah smartwatch. Tanpa perlu repot-repot lagi mengeluarkan smartphone dari saku celana.
skype
Ini bisa dilakukan setelah update terakhir yang diberikan Skype untuk Android Wear sehingga dengan mudah kita dapat merespon pesan dari Skype karena suara yang kita keluarkan akan dapat dirubah menjadi pesan teks dan dikirimkan. Untuk fitur ala power rangers masih belum tersedia yakni menjawab panggilan langsung menggunakan smartwacth.

Mungkin teknologi tersebut akan ada dalam beberapa tahun kedepan. Kita ikuti saja perkembangan teknologi yang semakin canggih. Yang bisa dilakukan smartwatch sekarang sebatas menerima dan menolak panggilan dari smartwatch tetapi bicaranya tetap masih harus menggunakan smartphone. Fitur ini tersedia pada Moto 360, LG Watch Urban, Huawei Watch, Asus ZenWatch serta tidak ketinggalan Apple Watch.

4. Dapat Berdiri Sendiri tanpa Smartphone


Smartwatch tanpa smartphone mungkin akan memiliki fungsi yang sangat terbatas. Atau bahkan hanya bisa digunakan sebagai penunjuk waktu saja. Tetapi tidak demikian dengan Smartwacth yang satu ini. LG Urban 2 merupakan smartwatch pertama dengan koneksi LTE.
LG Urban Watch 2
Dengan begitu smartwatch ini tidak memerlukan smartphone untuk dapat terhubung dengan jaringan internet. Meski begitu tetap saja ada koneksi wifi dan bluetooth jika ingin menghubungkan dengan smartphone.

Karena jika terhubung dengan smartphone akan menjadikan fungsi lebih pada smartwatch. Dengan smartwatch yang dapat berdiri sendiri seperti ini mungkin tidak menjadi masalah jika smartphone kita tertinggal karena fungsinya masih ada di perangkat lain yakni smartwatch.

5. Monitor Aktifitas Anak

Kegiatan atau aktifitas anak juga dapat dipantau dengan sebuah smartwatch. Karena smartwatch tak hanya digunakan untuk orang dewasa saja, anak-anak pund bisa menggunakannya. Bipbip Watch adalah sebuah jam tangan pintar yang berguna sekali untuk memantau aktifitas buah hati kita.
bipbip
Smartwacth tersebut terintegrasi dengan smartphone yang dipegang orang tua. Dengan adanya GPS atau Wifi dan BTS, keberadaan buah hati akan dapat terpantau dengan jam tangan pintar ini. Sehingga orang tua dapat dengan mudah memasang radius atau zona yang aman untuk anak kita seperti lokasi sekolah , rumah atau tempat bermain anak.

Notifikasi akan diberikan kepada smartphone yang dipegang orang tua ketika berada zona yang telah ditentukan aman atau melewati zona aman. Jam tangan pintar ini juga akan memberi notifikasi jika baterai akan habis atau jika smartwatch dilepas.

Dalam keadaan darurat anak bisa mengirimkan sinyal bahaya. Dalam smartwatch Bipbip juga sudah mendukung kartu SIM sehingga dapat digunakan untuk menelepon.
Tag : Gadget
Back To Top